Sabtu, 19 November 2011

Siapakah Yang membuat Maskot Sea Games 2011?????

RAWALUMBU-Sea Games 2011 boleh saja diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Tapi, Kota Bekasi ikut berkontribusi di event olahraga tingkat Asia Tenggara yang dihelat 11-22 November itu. Maskot Sea Games bernama Modo Modi yang bergambar sepasang hewan komodo sebagian dibuat dari tangan warga Bekasi.
MASKOT SEA GAMES: Modo Modi, boneka maskot Sea Games 2011 yang diproduksi di Kota Bekasi.
Boneka Modo Modi tersebut diproduksi oleh salah satu home industry warga Bekasi, Nana Anang Sujana, pengusaha boneka Hayashi Toys di Rawalumbu, Kota Bekasi. Dia mengaku memproduksi 300 pasang Modo Modi untuk maskot Sea Games ke 26 tersebut. Rinciannya, 150 boneka Modo dan 150 boneka Modi.
Jumlah pesanan boneka tersebut, kata pengusaha boneka yang merintis usaha sejak 1998, mengaku terbilang sedikit untuk ukuran home industry yang dikelolanya. Sebab setiap harinya Hayashi Toys mampu memproduksi 3000 boneka dengan berbagai ukuran, yang akhirnya dijual ke seluruh pelosok tanah air bahkan di ekspor ke luar egeri.
Nana mengaku, sebenarnya dia bisa memproduksi boneka itu lebih banyak lagi bila diberi waktu lebih lama lagi. ’’Awalnya minta dibuatkan 5000 pasang. Tapi, waktunya itu, cuma dikasih dua minggu. Saya tidak sanggup,’’ ujar Nana.
Boneka Modo Modi yang dibuat Hayashi Toys memiliki karakter yang unik. Modo adalah komodo jantan, mengenakan pakaian warna hijau, dan sarung batik warna putih dengan corak coklat. Sementara Modi adalah komodo betina dengan corak warna kuning, pakai rok batik, dan selendang batik.
”Ukuran tinggi boneka 30 sentimeter, berdiameter sekitar 12 sentimeter,” tutur Nana sembari mengatakan pesanan tersebut dia terima tiga hari lalu. ”Mereka (panitia Sea Games) minta dibuatkan boneka seperti gambar yang mereka bawa,” imbuhnya.
Awalnya, Nana mengaku tidak paham jika boneka tersebut sebagai maskot Sea Games. Dia bahkan sempat menolak karena terlalu mepet dengan jadwal penyelenggaraan Sea Games, apalagi boneka yang dipesan dalam jumlah banyak.
Setelah pembicaraan panjang bahwa maskot tersebut untuk event olahraga terakbar di Asia Tenggara, Nana pun menyatakan menyanggupi order itu. ”Mau tidak mau produksi harus dikebut,” katanya.
Boneka Moda Modi dibuat dengan bahan lokal, seperti kain batik, dan kapas dakron. Agar produksi tepat jadwal sebelum SEA Games dimulai, Hayashi Toys mengerahkan 25 pekerja pembuat boneka dari jumlah 108 karyawannya.
Sebenarnya, kata Anang, Hayashi Toys juga diminta membuat gantungan kunci 1.000 buah. Masing-masing 5000 Modo, dan 5000 Modi, tetapi dia menolak dengan alasan waktu yang terlalu mepet.
Untuk diketahui, home industri Hayashi dipercaya memproduksi maskot Modo Modi karena memiliki prestasi bagus sebagai pembuat boneka berkualitas baik. Di antaranya, meraih predikat terbaik produsen boneka se-Jawa Barat pada 2007, juara 2 produsen boneka se-ASEAN tiga bulan lalu, dan maskot PON XVII Kalimantan Timur. (mif)

0 komentar: